Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

SOSIALISASI MODEL PENDIDIKAN KELUARGA TAHUN 2018

Salah satu tupoksi BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur adalah pengembangan model. Pada tahun 2018 telah dikembangkan 6 model dan salah satu bidang yang dikembangkan adalah model Pendidikan Keluarga. Setelah mengikuti kegiatan validasi model di lingkungan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga pada bulan Desember 2018. Pada bulan Januari 2019 model Pendidikan Keluarga yang berjudul Pelibatan Keluarga dalam Membangun Komunikasi Efektif Melalui Dongeng di SDN 005 Tenggarong Seberang memperoleh surat keterangan  tervalidasi dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Pada tanggal 29 sd 31 Oktober 2019 BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Hasil Pengembangan Model Tervalidasi Tahun 2018. Model tahun 2018 tervalidasi yang disosialisasikan berjumlah 5 model, salah satunya adalah model Pendidikan Keluarga. Peserta sosialisasi terdiri dari perwakilan dari Disdik Kab/Kota, perwakilan dari SKB, dan lembaga-lembaga tempat dilaksanakannya uji coba model.

Tim model Pendidikan Keluarga memperoleh urutan ke 4 untuk tampil dalam kegiatan sosialisasi pada tanggal 30 Oktober 2019. Tim pengembang memaparkan isi dari model yang berjudul Pelibatan Keluarga dalam Membangun Komunikasi Efektif Melalui Dongeng di SDN 005 Tenggarong Seberang, menjawab pertanyaan dari peserta terkait dengan implementasi model, dan testimoni dari lembaga-lembaga tempat dilaksanakannya uji coba. Lembaga-lembaga yang telah mengimplementasikan model menyatakan bahwa mereka terbantu dengan adanya model pendidikan keluarga karena dapat meningkatkan komunikasi antara orangtua dan anak. Selain itu anak juga menjadi suka membaca buku terutama buku cerita ataupun buku dongeng anak. (*PLS_)

RELATED ARTICLES

Most Popular