Tuesday, April 23, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Refleksi Satuan Pendidikan untuk Sekolah Penggerak Angkatan 2 di tahun pertama untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA

Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program prioritas Balai Guru Penggerak Kalimantan Timur pada tahun 2023 ini memulai kegiatan luring dengan kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan untuk Sekolah Penggerak Angkatan 2 di tahun pertama untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Tujuan diselenggarakannya Kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan ini adalah agar Kepala sekolah dan guru Sekolah Penggerak mampu melakukan refleksi berkala dan berkelanjutan serta merumuskan langkah rencana tindak lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan ini dilaksanakan di lima kabupaten/kota, yaitu ; Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kota Bontang, Kabupaten Mahakam Ulu, dan Kabupaten Berau yang dilaksanakan tanggal 13 sd 28 Februari 2023. Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Pengawas Sekolah Penggerak Angkatan 2. Sedangkan fasilitator yang memfasilitasi kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan berjumlah 15 orang yang berasal dari Unmul, Disidik Kota Samarinda, Disdikpora Kab. PPU, BPMP Prov.Kaltim, Yayasan Citra Semesta Indonesia, BAN PAUD Prov. Kaltim dan PT Global Konsultant and Training.
Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan Kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan ini adalah :
1. Teridentifikasinya kondisi sekolah terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka selama 6 bulan terakhir (Agustus 2022-Januari 2023).
2. Teridentifikasinya kegiatan yang telah berjalan baik (praktik baik) di sekolah dan yang masih menjadi tantangan terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka.
Setelah pelaksanaan Kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan ini sekolah sudah memiliki data hal-hal yang sudah berjalan baik yang harus dipertahankan dan hal-hal yang masih perlu diperbaiki atau dirubah untuk memperbaiki kualitas pelayanan pendidikannya. Selanjutnya Kegiatan Refleksi Satuan Pendidikan ini akan dilaksanakan kembali 6 bulan kedepan atau sekitar bulan Agustus 2023.

RELATED ARTICLES

Most Popular