Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Penyelenggaraan Bimbingan Teknis untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD dan Dikmas

Samarinda – BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD dan Dikmas Tahap I (11 s.d 15 September 2020) serta Tahap II (15 s.d 18 September 2020)

Dalam pelaksanaannya, pada Bimbingan Teknis untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD dan Dikmas Tahap I (11 s.d 15 September 2020) peserta yang hadir adalah 336 orang terdiri dari 70 orang untuk Bimtek bagi Guru PAUD di Masa Pandemi Covid 19 se Kalimantan Timur, 70 orang untuk Bimtek bagi Guru PAUD di Masa Pandemi Covid 19 se Kalimantan Utara, 70 orang untuk Bimtek bagi Tutor Kesetaraan dalam Melaksanakan Belajar Dari Rumah se Kalimantan Timur, 70 orang untuk Bimtek bagi Tutor Kesetaraan dalam Melaksanakan Belajar Dari Rumah se Kalimantan Utara, dan 56 orang untuk Bimtek Peningkatan Kompetensi Penilik se Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Selanjutnya untuk pelaksanaan Bimbingan Teknis untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD dan Dikmas Tahap II (15 s.d 18 September 2020) peserta yang hadir adalah 364 orang terdiri dari 90 orang untuk Bimtek Penguatan Pembelajaran Dari Rumah bagi Guru PAUD se Kalimantan Timur, 90 orang untuk Bimtek Penguatan Pembelajaran Dari Rumah bagi Guru PAUD se Kalimantan Utara, 89 orang untuk Bimtek Penguatan Pembelajaran bagi Tutor Kesetaraan se Kalimantan Timur, 60 orang untuk Bimtek Penguatan Pembelajaran bagi Tutor Kesetaraan se Kalimantan Utara dan 35 orang untuk Bimtek Peningkatan Kompetensi Pamong Belajar SKB se Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan unsur Penilik/Pengawas dari Dinas Pendidikan, perwakilan pamong Belajar SKB, tenaga pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta tutor Kesetaraan yang ada di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pelaksanaan kegiatan secara virtual yang serentak diselenggarakan mendapat dukungan penuh dari Kepala Balai Akhmad Romansyah, S,Pd, M.AP. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan bahwa dengan penyebaran Covid 19 memaksa setiap satuan/lembaga untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, sehingga dibutuhkan komitmen bersama antara tenaga pendidik dengan orang tua. “Para guru atau pendidik perlu memiliki perencanaan, berkomunikasi serta bersinergi bersama para orang tua selama belajar di rumah,” ucapnya.

Akhmad Romansyah, S,Pd, M.AP.  berharap dengan rangkaian kegiatan Bimtek yang dilaksanakan ini dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), membangkitkan motivasi dan kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran yang menyenangkan di rumah. “Kolaborasi antara guru, orang tua dan siswa merupakan kunci keberhasilan kita dalam mendidik anak-anak,” lanjutnya.

Sementara Drs. Gatot Sari Irianto, M.Pd selaku Sub Koordinator PPSD dan Ketua Panitia Bimtek menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, dimana pada implementasinya untuk PAUD, guru dalam memahami pentingnya bermain bagi anak, merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan Matematika, Sains, Bahasa, Seni Karya dan Musik, menyusun Rencana Pembelajaran sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah, membangun komunikasi efektif dengan orang tua, melaksanakan dukungan psikologi awal anak dan memberikan pengasuhan positif serta menggunakan media daring. Pada penutupan kegiatan, Kepala Subbagian Tata Usaha Asniah, M.Pd , mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi perhatian dan antusiasme para peserta  dalam meningkatkan kompetensi serta kemampuan mengajar ditengah pandemi Covid 19, “Walaupun kadang jaringan menjadi kendala, namun tidak menyurutkan semangat Bapak dan Ibu peserta untuk bergabung di kegiatan ini, yang akan menjadi bekal untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dalam pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini serta menambah wawasan dan kecakapan dalam membangun sinergitas dengan orang tua,” ucapnya. Peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Bimtek ini tentunya akan memperoleh sertifikat.

Previous article
Next article
RELATED ARTICLES

Most Popular