Monday, June 17, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10

Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 resmi dibuka pada hari Rabu, 15 Maret 2024 secara langsung melalui Zoom dan kanal Youtube Ditjen GTK, Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Sekretaris dan para Direktur di lingkungan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, para Kepala Daerah, serta para pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia.

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Dr. Kasiman, hadir memberikan laporan kegiatan. Kasiman menyampaikan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 dijalankan dengan 3 (tiga) moda yaitu PGP Reguler, PGP Daerah Khusus, dan PGP Rekognisi, serta diikuti oleh 26.885 calon guru penggerak dari seluruh Indonesia di mana mereka akan menjalani pendidikan selama 6 bulan.

Acara pembukaan juga diisi dengan kisah inspiratif Perjalanan Guru ASN PPPK dan Guru Penggerak, yaitu Guru Penggerak Angkatan 5 dari Mamuju Tengah (Ibu Dewi Soraya), Guru ASN PPPK dan Guru Penggerak Angkatan 6 Kota Balikpapan (Bapak Bambang Herlandi), dan Guru ASN PPPK dan Guru Penggerak Angkatan 1 Tambun Selatan (Ibu Dian Rosalina).

Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 dibuka oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Pendidikan Guru Penggerak (PGP) akan melahirkan generasi baru pemimpin Pendidikan Indonesia. Nunuk berpesan agar para CGP senantiasa bersabar dan tetap termotivasi dalam menempuh Pendidikan selama 6 bulan dan berharap dukungan penuh dari para Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan kepada guru-guru dalam mengikuti proses Pendidikan Guru Penggerak. Dengan harapan para GP dapat menggerakan komunitas belajar baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah masing-masing, serta mendorong terwujudnya cita-cita merdeka belajar bagi peserta didik.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan Orientasi Program dan Pre-Test Angkatan 10 yang diselenggarakan secara serentak di masing-masing daerah dengan Balai Guru Penggerak sebagai penyelenggaranya. Pada sesi pembukaan orientasi di Provinsi Kalimantan Timur, mengundang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota sasaran, kepala sekolah, pengawas sekolah, fasilitator, pengajar praktik, calon guru penggerak.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur hadir dan memberikan arahan. “Bapak Ibu CGP di sini adalah harapan dari pemerintah daerah dan satuan pendidikannya untuk bisa ikut membantu mentransformasi pendidikan yang ada di Provinsi Kalimantan Timur”, ungkap Wiwik Setiawati, M.Pd.

Sesi orientasi juga menghadirkan narasumber dari BGP Provinsi Kalimantan Timur yang memaparkan tentang Orientasi Pelaksanaan PGP Angkatan 10, Penilaian Kinerja dan Lapor PGP, serta Orientasi LMS PGP dan Pre-Test paket modul pertama.

RELATED ARTICLES

Most Popular