Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Pembukaan dan Orientasi PGP Angkatan 9

Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 resmi dibuka pada hari Rabu, 16 Agustus 2023 secara langsung melalui Zoom dan kanal Youtube Ditjen GTK, Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Acara pembukaan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, serta para pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia.

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan , Dr. Praptono, M. Ed., hadir memberikan laporan kegiatan. Praptono menyampaikan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 diikuti oleh 32.203 calon guru penggerak dari seluruh Indonesia di mana mereka akan menjalani pendidikan selama 6 bulan.

Acara pembukaan juga diisi dengan kisah inspiratif dari Guru Penggerak Angkatan 4, Retno Sulandari yang merupakan Guru SLBN Cicendo, Bandung yang berbagi cerita tentang perjuangannya dalam mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.

Dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program prioritas Kemdikbudristek yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Dengan harapan para calon guru penggerak dapat menjadi agen perubahan yang dapat membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik serta dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan di Indonesia.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan Orientasi Program dan Pre-Test Angkatan 9 yang diselenggarakan secara serentak di masing-masing daerah dengan Balai Guru Penggerak sebagai penyelenggaranya. Pada sesi pembukaan orientasi di Provinsi Kalimantan Timur, mengundang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota sasaran, kepala sekolah, pengawas sekolah, fasilitator, pengajar praktik, calon guru penggerak.Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur hadir memberikan arahan.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur hadir dan memberikan arahan. “Dengan memulai masa Pendidikan Guru Penggerak, artinya Bapak dan Ibu memulai proses transformasi untuk menjadi guru yang lebih baik, guru yang merupakan pemimpin pembelajaran, agen-agen perubahan dan penggerak di satuan pendidikannya”, ungkap Wiwik Setiawati, M.Pd.

Sesi orientasi juga menghadirkan narasumber dari BGP Provinsi Kalimantan Timur yang memaparkan tentang Orientasi Pelaksanaan PGP Angkatan 9, Penilaian Kinerja dan Lapor PGP, serta Orientasi LMS PGP dan Pre-Test paket modul pertama. (*ayu_)

RELATED ARTICLES

Most Popular