Tuesday, July 16, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 1 PGP Dasus

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta para pemimpin pembelajaran di seluruh wilayah Indonesia, Kemdikbudristek mencetuskan Program Pendidikan Guru Penggerak Daerah Khusus (Dasus) yang dilaksanakan dengan metode tatap muka dan pendampingan secara berkala, bagi guru-guru di wilayah dengan keterbatasan akses. Kabupaten Mahakam Ulu menjadi kabupaten pertama yang melaksanakan PGP Dasus di Provinsi Kalimantan pada Angkatan 10.

Mengusung tema pembelajaran Diri dan Kelas, tahapan pembelajaran PGP Dasus Angkatan 10 di Kabupaten Mahakam Ulu dimulai dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 1 mulai dari tanggal 10 s.d. 16 Juni 2024, bertempat di SMP 1 Negeri Long Bagun, Ujoh Bilang, dengan jumlah peserta 23 CGP dan 2 Fasilitator, Ibu Megawati, S.Pd (Guru SDN 014 Balikpapan) dan Ibu Nur Hiqmah Takbir, S.Pd (Guru SMAN 1 Long Apari).

Pada PTM 1, kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu, Samson Batang, S.Sos., M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Samson menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemdikbudristek yang telah memprioritaskan Kabupaten Mahakam Ulu untuk mengikuti PGP Dasus. “Saya berharap semua yang mengikuti kegiatan pertemuan tatap muka ini bisa lulus dan tetap semangat dalam mengikuti pendidikan guru penggerak, untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Mahulu”, pesan Samson.

Adapun aktivitas pembelajaran pada PTM 1 meliputi Tes Awal, Lokakarya, Paket Modul “Paradigma dan Visi Guru Penggerak”, Jurnal Belajar PTM 1, dan Tes Akhir. Dan dalam kompetensi lulusan yang dituju pada PTM-1 adalah CGP mampu memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid, secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya, serta memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman. (*elv_)

RELATED ARTICLES

Most Popular