Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI 4.0 PADA PROGRAM KURSUS TATA BUSANA – DRAFT MODEL

SPESIFIKASI MODEL

Spesifikasi model Pengembangan Pembelajaran Kursus Tata Busana Berbasis Teknologi Digital adalah model pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran di dunia maya (Blended Learning) dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi dalam pembelajaran yang telah tersedia di internet, dipadukan dan diisi dengan materi-materi ajar yang telah disiapkan oleh instruktur di lembaga kursus tata busana pada level 2. Pembelajaran konvensional dilakukan dengan bertemu langsung antara instruktur dan peserta didik di dunia nyata, sedangkan pembelajaran sesuai era teknologi digital adalah pembelajaran yang berlangusng di dunia maya baik secara tidak langsung melalui aplikasi schoology maupun pembelajaran secara langusng melalui virtual conference (webex cisco), maupun online learning dengan menggunakan failitas smart phone maupun laptop yang terkoneksi dengan jaringan wifi/paket data Produk model ini berupa :

  1. Panduan pelaksanaan pembelajaran Kursus Tata Busana Berbasis Teknologi Digital melalui pembelajaran dengan pertemuan tidak langsung dengan menggunakan aplikasi schoolgy dan pertemuan langsung di dunia maya dengan menggunakan dan webex cisco untuk instruktur dan peserta didik,
  2. Modul  pembelajaran/bahan belajar  yang   dilengkapi dengan      silabus             dan RPP setiap mata ajar di level 2,
  3. Panduan Penilaian dan penugasan peserta didik .

DEFENISI OPERASIONAL

Defenisi operasional dalam pengembangan model ini adalah sebagai   berikut :

  1. Pengembangan Pembelajaran

Clarence Schauer menyebut pengembangan pembelajaran (pengembangan instruksional) sebagai perencanaan secara akal sehat untuk mengidentifikasikan masalah belajar dan mengusahakan pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan suatu rencana terhadap pelaksanaan, evaluasi, uji coba, umpan balik, dan hasilnya. Twelker, Urbach, dan Buck mendefinisikan pengembangan pembelajaran sebagai cara yang sistematik untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi satu set bahan dan strategi belajar dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Suparman menyebut pengembangan pembelajaran sebagai suatu proses yang sistematik meliputi identifikasi masalah, pengembangan strategi dan bahan instruksional, serta evaluasi terhadap strategi dan bahan instruksional dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien (Suparman, 1991).

2. Program Kursus Tata Busana

Program Kursus Tata Busana adalah sebagai mata kegiatan pendidikan yang berlangsung di dalam masyarakat yang dilakukan secara sengaja, terorganisir, dan sistematis untuk memberikan materi pelajaran tertentu kepada orang dewasa atau remaja dalam        waktu yang relative singkat agar dapat memperoleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri dan masyarakat dalam bidang menjahit yang dirangkai dengan seni mengenai  penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahannya.

3. Pembelajaran Kursus Tata BusanaBerbasis Teknologi Digital

Pendidikan Teknologi Digital adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk           mengitegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran pada kursus menjahit / tata busana, yang meliputi ).

  1. Literasi Data (Kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi (Big Data) di dunia digital.
  2. Literasi Teknologi  yaitu memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (Coding, Artificial Intelligence, & Engineering Principles)
  3. Literasi Manusia ( Humanities, Komunikasi, & Desain).

Pembelajaran teknologi digital dilakukan dengan cara kelas online di dunia maya dengan sistem :

  •  Pertemuan kelas tidak langsung, dilakukan dengan menggunakan aplikasi schoology. Schoology merupakan salah satu laman web yang berbentuk web sosial yang mana ia menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara gratis dan mudah digunakan seperti Facebook. Melalui Schoology, pembelajaran amat mudah. Schoology juga hampir sama fungsinya dengan laman web yang lain seperti Web CT and Blackboard dan di dalamnya, ia menawarkan Instruktur untuk dapat melakukan semua pekerjaan didalam pembelajaran kursus yang sangat penting serta bahan pembelajaran yang diperlukan oleh peserta didik dalam matapelajaran mereka. Schoology dapat dikunjungi melalui laman www.schoology.com.
  • Pertemuan kelas langsung. Pertemuan kelas di dunia maya secara langsung dilakukan dengan menggunakan Video Conference dengan webex cisco Online Learning, Resource Sharing). (*noor_as)
RELATED ARTICLES

Most Popular