Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

MENINGKATKAN KOMUNIKASI DENGAN ANAK MELALUI DONGENG – Bagian 2

Mengapa Orangtua Dan Guru Belum Terbiasa Mendongeng? Ada beberapa alasan orangtua dan guru belum biasa mendongeng, antara lain :

  1. Belum menyadari sepenuhnya tugas sebagai orangtua atau guru bagi anak-anak;

Tugas utama orangtua dan guru adalah mendidik, bukan hanya mengajar. Tujuan mendidik adalah merubah sikap anak menjadi lebih baik, dan salah satu cara mendidik adalah dengan mendongeng. Di mana dari cerita dongeng anak bisa mengenal karakter baik yang bisa dicontoh.

  • Merasa bahwa mendongeng itu sulit;

Yakinlah bahwa mendongeng itu mudah. Seperti kita bercerita dengan rekan-rekan kita tentang peristiwa sehari-hari. Karena prinsipnya mendongeng itu adalah seni berkomunikasi yaitu menyampaikan pesan dari sebuah cerita dengan harapan anak bisa menerima dan memahami pesan tersebut.

  • Kurang rasa percaya diri untuk menyampaikan dongeng;

Pertama kali tampil di depan orang banyak pastilah ada rasa gugup karena belum menguasai sepenuhnya kelompok audiens. Namun jika kita sering tampil, maka rasa gugup itu akan berkurang dan kita bisa menyampaikan dongeng dengan baik.

  • Tidak punya banyak materi untuk mendongeng.

Tidak perlu khawatir kehabisan materi dongeng. Karena cerita dongeng dapat bersumber baik dari buku, majalah, atau bahkan kehidupan sehari-hari. (*PLS_)

RELATED ARTICLES

Most Popular