Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Meningkatkan Integritas Pegawai melalui Kegiatan Magang di BP PAUD dan Dikmas NTB Tahun 2020

Pesatnya perkembangan dunia menuju era revolusi industri 4.0 tidak terlepas dari peranan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana SDM tersebut adalah seseorang yang memiliki keahlian, keterampilan dan siap untuk ditempatkan pada bidang kerja tertentu. Untuk mendukung hal tersebut, maka sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) bahwa setiap institusi/satker, khususnya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas SDM agar nantinya dapat memberikan kontribusi dalam melaksanakan tupoksi dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan. Keahlian (skill) merupakan suatu kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik sehingga tercapai hasil kerja yang diinginkan, sehingga keahlian merupakan syarat utama yang harus dimiliki seseorang dalam dunia kerja. 

Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, BP PAUD dan Dikmas Kaltim melaksanakan kegiatan magang, yang diikuti oleh 7 peserta yang merupakan pegawai BP PAUD dan Dikmas Kaltim dengan didampingi oleh Akhmad Romansyah, S.Pd, M.AP, Kepala BP PAUD dan Dikmas Kaltim; beserta Drs. Gatot Sari Irianto, M.Pd, Kasubbag Umum; dan Asniah, M.Pd, Kasi PPSD, bertempat di BP PAUD dan Dikmas NTB, kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, 4 Maret sampai dengan 7 Maret 2020. Sebagai perwujudan dari kegiatan ini, peserta diarahkan untuk berperan aktif mengikuti alur kegiatan dengan bobot waktu yang telah ditentukan dan berkoordinasi dengan rekan serta pejabat yang ada di lingkungan BP PAUD dan Dikmas NTB. Hal tersebut bertujuan untuk membina dan mengasah keahlian serta keterampilan peserta.

Kegiatan magang ini menggabungkan metode pelatihan di tempat kerja dengan pengalaman teoritis guna mendukung peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang. Melalui kegiatan magang ini, peserta mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta wawasan baru tentang kegiatan riil di lapangan, dengan begitu akan memberikan pemahaman terkait uraian tugas jabatannya dan lebih mengenal ruang lingkup kegiatan serta program di lingkungan BP PAUD dan Dikmas. Pelaksanaan kegiatan magang yang dilaksanakan di BP PAUD dan Dikmas NTB dengan 30 jam / 8 (delapan) jam kerja per hari, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian baik keterampilan, wawasan, etos kerja, sikap maupun mental yang unggul agar dapat memberikan kontribusi terhadap satker/institusi di masa depan. (*tyas_)

RELATED ARTICLES

Most Popular