Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

MEMAKNAI 91 TAHUN HARI SUMPAH PEMUDA, PEMUDA SEBAGAI PENJAGA PERSATUAN DAN MEMBAWA PERUBAHAN

Sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah ini dianggap sebagai semangat menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Pada hari Senin (28/10) pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda  ke-91 dilakukan dengan khidmat dengan pemimpin upacara Kepala BP PAUD dan Dikmas Kaltim, Akhmad Romansyah, S.Pd., M.AP.

Beliau menyatakan dalam kalimat pembuka pidatonya bahwa saat ini penting bagi generasi muda untuk menumbuhkan serta memaknai nilai nasionalisme bangsa, terutama cerdas dalam konteks pengetahuan dan teknologi agar nantinya siap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan yang ada.

Lanjutnya lagi bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi bagai dua mata pisau, dimana satu sisi menjamin tersedianya kecepatan informasi namun di sisi lain memiliki dampak negatif, contohnya adalah informasi-informasi yang bersifat destruktif (pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme, terorisme) yang harus diimbangi dengan tindakan pengambilan keputusan yang bijak, tidak mudah terpengaruh serta mampu memilah informasi. Peranan pemuda di masa depan adalah mampu untuk mengaktualisasikan nilai persatuan dan keragaman dalam mewujudkan nilai Pancasila khususnya merawat persatuan diantara perbedaan dan kemajemukan mulai dari agama, suku, budaya dan ras. Dengan tema “Bersatu Kita Maju”, hal tersebut semakin mempertegas komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, maka yang dibutuhkan oleh pemuda-pemudi pada era milenial saat ini adalah terus bergerak maju, membuktikan bahwa pemuda-pemudi Indonesia adalah pemuda-pemudi yang memiliki karakter, kompetensi, kemampuan berinovasi, mandiri dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia serta mampu membawa perubahan.

RELATED ARTICLES

Most Popular