Tuesday, July 16, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 11

Dengan mengusung pemahaman bermakna “Proses belajar di Pendidikan Guru Penggerak merupakan perjalanan pengembangan kompetensi dan dilakukan dengan melibatkan ekosistem sekolah”, Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Provinsi Kalimantan Timur memulai Pendampingan Kelompok kepada CGP dalam bentuk Lokakarya Orientasi, yang dilaksanakan di 7 kabupaten/kota sasaran, yaitu Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara (22/6/2024), serta Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Timur (23/6/2024).

Lokakarya Orientasi diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan dari masing-masing Penanggung Jawab PGP dari BGP Provinsi Kalimantan Timur dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota sasaran. Kegiatan kemudian dipandu oleh masing-masing koordinator pengajar praktik yang memberikan penjelasan teknis kegiatan Lokakarya Orientasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan metode pleno dengan menyesuaikan pembagian pengajar praktik dan calon guru penggerak, beserta dengan kepala sekolah dan pengawas sekolah dari masing-masing calon guru penggerak. Sesi ini adalah sesi perkenalan calon guru penggerak dan tim pendukung, pemetaan harapan dan kekhawatiran, serta perjalanan calon guru penggerak. Yang kemudian dilanjutkan dengan sesi posisi diri, membuat rencana pengembangan diri, dan pengenalan portofolio digital. Sesi pembelajaran Lokakarya diakhiri dengan sesi refleksi dan penutup.

Dengan mengundang kepala sekolah serta pengawas sekolah, Lokakarya Orientasi Angkatan 11 Provinsi Kalimantan Timur diikuti oleh 420 calon guru penggerak dan 85 pengajar praktik.

Lokakarya Orientasi bertujuan agar Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan), CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak, CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi, CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi. (*elv_)

RELATED ARTICLES

Most Popular