Monday, June 17, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Lokakarya ke-4 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9

Balai Guru Penggerak Kalimantan Timur melakukan Pendampingan Kelompok kepada CGP dalam bentuk Lokakarya 4 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 yang dilaksanakan secara tatap muka di 8 (delapan) kabupaten/kota sasaran, yaitu Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Paser, Kabupaten PPU, dan Kabupaten Berau.

Lokakarya 4 mengusung pemahaman bermakna Coaching adalah sarana untuk mengidentifikasi kekuatan dan merencanakan strategi perbaikan diri dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid. Dan produk yang dihasilkan yaitu hasil identifikasi kekuatan, area pengembangan dan umpan balik guru/rekan sejawat dan Rencana perbaikan dan strategi pengembangan proses pembelajaran yang berpihak pada murid.

Kegiatan Lokakarya 4 diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars BGP Kaltim, dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing penanggung jawab PGP kabupaten/kota dari BGP Provinsi Kaltim, dan dibuka oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur turut hadir pada pembukaan Lokakarya 4 di Kabupaten Berau dan Kota Samarinda. Dalam kesempatan tersebut, Wiwik Setiawati, M.Pd menyapa para CGP dan PP serta memotivasi dan mendorong CGP agar menunjukkan perubahan kualitas mengajar di sekolah, serta bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan kepala sekolah untuk memajukan sekolah.

“Bapak Ibu harus tetap mengingat esensi utama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak karena Bapak Ibu telah diseleksi menjadi Calon Guru Penggerak. Daya juang adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh Calon Guru Penggerak. Diharapkan para Calon Guru Penggerak ini mampu memberikan pengaruh positif bagi rekan lainnya untuk berkembang dan menjadi contoh dalam proses mengajar di sekolah”, ujarnya.

Lokakarya 4 ini bertujuan agar Calon Guru Penggerak mampu mampu menunjukkan kemampuan coaching yang dimilikinya, Calon Guru Penggerak mampu mampu mengidentifikasi kekuatan, area pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid, dan mampu menunjukkan kemampuan melakukan rangkaian supervisi akademik dengan menggunakan pola pikir coaching. (*elv_)

RELATED ARTICLES

Most Popular