Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Kegiatan Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model Tahun 2019

Pengembangan model merupakan suatu proses yang dilakukan oleh tim pengembang mengikuti  Perdirjen PAUD dan Dikmas nomor 2 Tahun 2016, pengembangan model PAUD dan Dikmas terdiri dari rancangan tipe, desain, bentuk deskripsi, dan sistem kegiatan yang diproses sesuai dengan aturan yang berlaku. Hasil pengembangan model nantinya dapat digunakan oleh sasaran/masyarakat dalam memecahkan masalah di bidang pendidikan PAUD dan Dikmas.

Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model PAUD dan Dikmas tahun 2019 dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 30 Desember 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lt.3 Kantor BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur, Jl. Basuki Rahmat No.41 Samarinda. Peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 50 orang, terdiri dari lembaga/satuan pendidikan PAUD dan Dikmas serta mitra PAUD dan Dikmas yang berada di wilayah Kalimantan Timur.

Kegiatan dibuka langsung oleh Drs. Suparjo, M.Pd selaku Kepala Subbagian Hukum, Biro Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen PAUD dan Dikmas, “Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengembangan model PAUD dan Dikmas adalah: 1) Memecahkan permasalahan masyarakat melalui program dan pembelajaran inovatif serta adaptif pada PAUD dan Dikmas, 2) Meningkatkan mutu pengelolaan program dan pembelajaran pada PAUD dan Dikmas, 3) Memberdayakan potensi lokal di lingkungan masyarakat kelompok sasaran melalui proses pengelolaan program dan pembelajaran inovatif serta adaptif pada PAUD dan Dikmas, serta 4) Mendorong kemandirian dan kreativitas masyarakat dalam mengelola program dan pembelajaran pada PAUD dan Dikmas, maka dari itu dibutuhkan pelaksanaan kegiatan sosialisasi untuk mendukung terwujudnya tujuan pengembangan model tersebut”, ucapnya.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur Akhmad Romansyah, S.Pd., M.AP., lalu pemaparan hasil pengembangan model oleh tim pengembang model PAUD, tim pengembang model kesetaraan, tim pengembang model keaksaraan, tim pengembang model pendidikan keluarga serta tim pengembang model kursus dan pelatihan.

Akhmad Romansyah menyatakan, “Kegiatan Sosialisasi Penerapan Hasil Pengembangan Model Tahun 2019 ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang model pembelajaran yang telah tervalidasi agar nantinya dapat diimplementasikan pada seluruh lembaga pendidikan terutama satuan pendidikan PAUD dan Dikmas”.

Hasil Pengembangan Model PAUD dan Dikmas Tahun 2019, yaitu:

1. PAUD

a. Model Pendidikan Sosial Finansial Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan

b. Model Keterampilan Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak Usia Dini

2. Pendidikan Kesetaraan

a. Model Penguatan Kelembagaan Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) melalui Penyusunan Rencana Kinerja Tahunan

3. Pendidikan Keaksaraan

a. Model Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Multi Keaksaraan Pada Masyarakat Pesisir

4. Pendidikan Keluarga

a. Model Pelibatan Orangtua di TK Harapan Bunda Lua Kulu Kab. Kutai Kartanegara

5. Kursus dan Pelatihan

a. Model Pengembangan Pembelajaran Tata Busana Berbasis Teknologi Digital

(*tyas_)

RELATED ARTICLES

Most Popular