Samarinda, 20 Mei 2019 – Keberadaan sebuah instrumen sangat penting bagi penilaian yang akan dilakukan oleh guru karena hal tersebut merupakan alat untuk mengumpulkan data dan mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan, karena ketercapaian pembelajaran merupakan gambaran tercapainya pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan anak yang dilihat yaitu dari nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni. BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur pada tanggal 17 Mei 2019 melaksanakan kegiatan Implementasi Ujicoba Instrumen Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (TPPA) yang diikuti oleh 16 orang peserta terdiri dari satu orang guru dan satu orang tenaga admin sekolah dengan kriteria 4 lembaga dari pedesaan yang berasal dari Kutai Kartanegara dan 4 lembaga dari kota Samarinda, bertempat di Aula lt.3 Gedung BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur. Dengan dilaksanakan kegiatan Implementasi Ujicoba Instrumen TPPA ini bertujuan agar peserta mendapatkan pemahaman tentang cara penggunaan instrumen TPPA dan penggunaan aplikasi instrumen dalam menilai perkembangan anak, nantinya dapat melaksanakan dan menerapkan pada masing-masing lembaga. Diharapkan di pelaksanaan kegiatan ini dapat terbentuk persepsi yang sama dari seluruh sasaran yang terlibat, sehingga proses dan hasilnya memiliki tingkat validitas dan reabilitas yang terpercaya. Selain itu, pada kegiatan workshop ini dapat tercapai standar dan prosedur validasi instrumen yang terbakukan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pelaporan. Serta data hasil observasi guru PAUD tentang capaian perkembangan anak usia 5-6 tahun pada 8 lembaga yang telah mengikuti kegiatan ini terintegritas dengan baik.