Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

FGD (Focus Group Discussion) Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Guru PAUD dan Dikmas di wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN)

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Guru PAUD dan Dikmas di wilayah Ibu Kota Negara (IKN), Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Direktorat Guru PAUD dan Dikmas), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melaksanakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Guru PAUD dan Dikmas di wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) di Hotel Bumi Senyiur Samarinda pada  tanggal 23 s.d. 25 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur, Wiwik Setiawati, M.Pd menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan. Wiwik mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara mendalam kebutuhan spesifik dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD dan Dikmas agar pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan karakteristik dan merespon aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan lokal terkait pendidikan di Kalimantan Timur, dengan tujuan yang lebih luas untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas pendidikan di Kalimantan Timur di antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Balai Guru Penggerak, Perguruan Tinggi, HIMPAUDI, IGTKI, Pamong Belajar, Guru PAUD dan Guru TK di 6 wilayah sekitar IKN (Kec. Sepaku, Kec. Loa Kulu, Kec. Loa Janan, Kec. Muara Jawa, Kec. Samboja dan Kec. Samboja Barat).

Turut hadir Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara, Drs. H. Alimuddin, M.Si. menyambut baik kerjasama ini dan mengajak semua aktor pendidikan untuk turut serta dalam memajukan pendidikan khususnya di Ibu Kota Negara Nusantara.

Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed., Direktur Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat membuka secara resmi kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Guru PAUD dan Dikmas diwilayah Sekitar Ibu Kota Negara (IKN) secara daring melalui Zoom Meeting. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharap dapat mengidentifikasi kebutuhan kompetensi Guru PAUD dan Dikmas, mengumpulkan data Guru PAUD dan Program Dikmas, menentukan prioritas kebutuhan peningkatan kompetensi, merumuskan rencana pelatihan yang tepat, mendorong kolaborasi stakeholder, dan dapat menyusun rencana pendampingan tehadap guru PAUD oleh perguruan tinggi. (*ayu_)

RELATED ARTICLES

Most Popular