Monday, June 17, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

FGD Akselerasi Pendidikan Masyarakat Sekitar Ibu Kota Negara Nusantara

Dalam rangka ditetapkannya 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Timur sebagai wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur menggelar FGD (Focus Group Discussion) Akselerasi Pendidikan Masyarakat Sekitar Ibu Kota Negara Nusantara yang dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan pada tanggal 14 s.d. 15 Agustus 2023.

Pada sesi pembukaan FGD, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan. Wiwik Setiawati, M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan FGD ini diselenggarakan dalam rangka untuk menggali informasi, permasalahan, kendala, mimpi, dan harapan terkait pendidikan masyarakat sekitar IKN dan berfokus pada aktor-aktor pendidikan, seperti Dinas Pendidikan, pengawas, kepala sekolah, guru, perwakilan siswa dan orangtua siswa.

Turut hadir mewakili Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Bapak Yudi Herman, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya, Yudi menjelaskan bahwa agenda FGD ini adalah agenda yang sangat penting dalam memulai langkah  besar di dalam upaya meningkatkan kapasitas dan capability dari semua unsur Pendidikan. “Kami dari Direktorat KSPSTK menyambut baik kegiatan ini dan ini adalah kolaborasi yang sinergis bagi setiap unsur yang nantinya akan menjadi bagian untuk memenuhi apa yang menjadi harapan dari semua pihak”, tambahnya.

Didaulat untuk membuka kegiatan, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Drs. H. Alimuddin, M.Si mengajak semua aktor Pendidikan untuk menjalankan dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar. 

“Dalam merumuskan kebijakan harus bottom up, apa yang menjadi kebutuhan dari masing-masing unsur Pendidikan, terutama di wilayah Ibu Kota Negara Nusantara”, ungkapnya

Hadir sebagai peserta yaitu unsur Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten PPU, unsur pengawas, kepala sekolah, guru, perwakilan siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, serta orangtua para siswa.

Dengan dipandu para fasilitator yang merupakan konsultan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dan BGP Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan FGD ini diharapakan menjadi langkah awal yang signifikan untuk memajukan pendidikan Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Negara Nusantara. (*ayu_)

RELATED ARTICLES

Most Popular