Monday, April 15, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Diskusi Pendidikan “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan sebagai Bentuk Merdeka Belajar” bekerja sama dengan Komisi X DPR RI – Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP

Pembinaan karakter memiliki andil yang besar dalam upaya memajukan suatu bangsa agar memiliki daya saing dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Dan dalam hal ini fokus pembinaan dan pemberdayaan potensi berpusat pada peserta didik, di mana menjadi isu sentral dalam proses pendidikan yang dilaksanakan pada setiap jenjang di sekolah.  

Mendasari hal tersebut, Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur menggelar Diskusi Pendidikan “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan sebagai Bentuk Merdeka Belajar” bekerja sama dengan Komisi X DPR RI.

Diselenggarakan di Venus Inn, Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur, Bupati Penajam Paser Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser, para kepala sekolah dan pengawas, serta para guru.

Dalam kegiatan tersebut, diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU yang mewakili Bupati Penajam Paser Utara. Drs. Alimuddin, M.AP., menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah terus berupaya melaksanakan program pendidikan yang mengedepankan karakter dan nilai-nilai kebangsaan yang saat ini dilakukan oleh para tenaga pendidik dengan kurikulum Merdeka belajar serta didukung juga oleh program guru penggerak yang ada di sekolah-sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur. Dalam sambutannya, Wiwik Setiawati, M.Pd., mengungkapkan agar semua unsur dapat membantu untuk menyiapkan sumber daya manusia di daerah sekitar Ibu Kota Negara, seperti di Kabupaten PPU, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan dan Samarinda, agar bisa memastikan bahwa pendidikan yang diselenggarakan kualitasnya minimal sama dengan yang diterapkan di Ibu Kota Negara Nusantara.

Hadir sebagai keynote speaker, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, menjelaskan bahwa sejatinya dalam kehidupan berbangsa, kita harus mereaktualisasikan ajaran-ajaran bagus yang sudah ada di dalam kehidupan sehari-hari tanpa melupakan bahwa pendidikan karakter juga harus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. “Kita harus menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan semangat pada siswa karena mereka yang akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa”, tambah Hetifah.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan narasumber Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser. (*ayu_)

RELATED ARTICLES

Most Popular