Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

DESAIN MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TATA BUSANA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL – NOOR ASMINIWATY (Bagian 2)

  • Google form

Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu dalam merencanakan acara, mengirim survei, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.

Pada pembelajaran tata busana penggunaan google form ini dapat digunakan untuk instruktur untuk memberikan formulir pendaftaran kepada peserta didik. Peserta didik cukup membuka link yang diberikan dan mengisi pendaftaran tersebut, sehingga peserta didik dapat mengefisienkan waktu untuk menyetor ke lembaga kursus. Selain itu instruktur juga dapat memberikan kuis melalui google form yang dapat diisi oleh peserta didik. Instruktur tidak perlu mengetik kembali karena ringkasan dari semua informasi langsung bisa dihubungkan ke excel.

  • WebEx

WebEx adalahsebuahaplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah.

WebEx memiliki banyak kelebihan yang memudahkan instruktur untuk berinteraksi dengan peserta didik satu sama lain.

  • Berbagi komputer meja, dokumen, dan aplikasi

Memudahkan pengguna untuk mengendalikan komputer meja atau desktop pengguna lain dan juga sebaliknya. Mengkolaborasikan isi data, mengaturnya di layar komputer tanpa harus mengunggah isi data terlebih dahulu.

  • Multimedia

Memudahkan presentasi melalui fitur-fitur Microsoft PowerPoint, flash animation, audio, serta video.

  • Audio dan Voip yang terintegrasi

Pengguna dapat memilih toll atau toll-free untuk interaksi audio, ataupun menggunakan Voice over IP yang terintergrasi di komputer.

  • Pembicara aktif

Mengidentifikasikan siapa lawan bicara dengan ikon bergerak yg muncul pada layar pengguna.

  • Konferensi video

Simulasi pertemuan tatap muka antar pengguna yang berbeda lokasi dengan fitur multi-point video.

  • Merekam pembicaraan, menyunting, dan memutar kembali. Merekam pembicaraan untuk referensi di pertemuan selanjutnya, pelatihan, dan demonstrasi.
  • Integrasi rangkaian komputer meja

Memudahkan pertemuan instan para pengguna dengan menggunakan Microsoft Office, Microsoft Outlooklotus notes, dan berbagai solusi pesan instan lainnya termasuk Cisco WebEx Connect.

  • Akses pertemuan dengan sekali klik

Memulai pertemuan dan mengundang pengguna lain secara instan melalui komputer meja, taskbar, atau aplikasi favorit.

  • Mengadakan pertemuan dengan mudah

Mengirimkan undangan pertemuan dan pengingat menggunakan panggilan telepon otomatis, pesan teks, email dari klien lokal atau instant messenger termasuk Cisco WebEx Connect dan instan messenger lainnya. Melalui Cisco WebExTM Meeting memungkinkan para peserta didik dan instruktur untuk tetap terhubung satu sama lain walaupun mereka sedang tidak berada di lembaga kursus. Mereka dapat melakukan pertemuan bersama secara produktif semudah menggunakan telepon. (*noor_as)

RELATED ARTICLES

Most Popular