Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

Cerita Ibu Guru Maria Debora dari Ambon: “Menjadi Laskar Pendidikan Indonesia”

Maria Debora Siagian (@mariasiagian) adalah mahasiswa PPG Prajabatan dari Universitas Pattimura, Kota Ambon, Maluku. Beliau merupakan lulusan S1 Pendidikan Biologi yang sudah berpengalaman menjadi guru sejak tahun 2016 di Kota Tanjung Balai, Kota Bogor, Kota Tangerang Selatan, dan kini di Kota Ambon.

Tekad Maria untuk menikmati peran sebagai guru biologi dan keseriusannya menjalani program PPG Prajabatan sangat berkaitan dengan inspirasi dari guru-guru sekolahnya dahulu dan sangat didukung pengalaman lintas budaya yang dialaminya sejak kanak-kanak. “Saya terinspirasi oleh Pak Agus, guru biologi sewaktu di SMP dulu. Beliau suka menyelenggarakan pembelajaran di luar kelas dengan konsep belajar sambil bermain. Saya melihat ternyata profesi guru menyenangkan, bisa memposisikan diri sebagai orang tua, teman, dan motivator,” ujar Maria ketika bercerita mengenai inspirasinya menjadi guru.

Ketika pertama kali membaca pengumuman Program PPG Prajabatan, Maria mengatakan bahwa saat itu ia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi diri sebagai guru. “Faktor lain saya kesampingkan, bertekad bulat untuk mendaftar PPG Prajabatan di Ambon,” katanya. “Bagi teman-teman lulusan FKIP ataupun Keguruan, yang baru lulus maupun yang sudah pernah mengajar. Guru adalah profesi yang tidak hanya mengajar namun juga membimbing dan menjadi orangtua kedua bagi anak-anak. Bagi teman-teman di luar sana, jadilah laskar-laskar pendidikan Indonesia, kalau bukan dari kita siapa lagi,” ajak Maria.

Yuk Jadi Guru!

Simak kisah lengkap Maria Debora Siagian di laman berikut:

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/cerita-ibu-guru-maria-debora-dari-ambon-menjadi-laskar-pendidikan-indonesia

#PPG #PPGPrajabatan #PendidikanProfesiGuru #MerdekaBelajar #DitjenGTK #GTK

RELATED ARTICLES

Most Popular