Tuesday, June 25, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

CARA MENCINTAI ANAK (SERI 2 PENGASUHAN POSITIF UNTUK ANAK)

Banyak orangtua sibuk bekerja karena tuntutan ekonomi yang semakin hari semakin tinggi. Seorang ibu yang seharusnya berperan sebagai pendidik dan pengasuh anak di rumah terpaksa bekerja di luar rumah untuk menyokong perekonomian keluarga. Alhasil banyak anak yang kurang perhatian, kasih sayang dan arahan dari orangtua. Waktu bertemu orangtua dengan anak sangat sedikit itupun juga diisi dengan kegiatan rutin di rumah seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci dan pekerjaan rumah lainnya. Sementara anak dibiarkan main sendiri tanpa arahan.

Sesungguhnya orangtua bisa meluangkan waktu di sela kesibukannya, sekedar menanyakan kegiatan di sekolah hari ini pada anak dan mendengar ceritanya sambil mengerjakan pekerjaan rumah akan membuat ia merasa mendapat perhatian. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk dapat menunjukkan  cinta anak pada anak :

  • Belajar untuk mendengarkan anak-anak Anda.

Bila Anda tidak pernah mendengarkan anak Anda dan lebih sering meneriakkan perintah pada mereka, mereka tidak akan merasa dihargai atau diperhatikan. Sebaliknya jika anda mau mendengarkan anak maka mereka akan merasa dihargai atau diperhatikan.

  • Menghargai Anak

Jangan lupa bahwa anak adalah manusia hidup dan bernapas yang mempunyai kebutuhan dan keinginan seperti kita semua. Jangan mengomeli mereka karena suatu hal yang tidak disukainya, jangan permalukan ia dengan membicarakannya di depan orang-orang, bila Anda berjanji maka tepati atau beri alasan yang memang benar-benar penting.

  • Jangan Berlebihan Mencintai Anak

Memberikan anak cinta, kasih sayang, dan perhatian akan secara positif mendorong mereka untuk mengembangkan diri sebagai manusia. Yang akan membuat mereka manja adalah memberikan mainan dan bukan cinta, atau tidak menegur mereka karena bersikap tidak baik.

  • Libatkan diri dalam kehidupan sehari-hari anak

Bila Anda ingin mendorong anak untuk mengembangkan minat dan karakternya sendiri, Anda harus membuat sistem dukungan yang kuat untuknya. Ini bukan berarti Anda harus mengikutinya setiap detik, tetapi untuk bersama mereka dalam semua momen-momen kecil, dari pertandingan bola pertamanya hingga piknik keluarga di pantai.

  • Dorong Kemandirian Anak

Anda masih bisa bersama anak sementara Anda mendorongnya untuk mengeksplorasi minatnya.  Anda bisa membantu anak berpakaian, tetapi ajak ia untuk membeli pakaian, jadi ia punya andil terhadap penampilannya sendirinya. Dan bila anak ingin bermain dengan teman-temannya atau bermain sendiri tanpa Anda, biarkan ia membangun identitasnya sendiri. (*PLS_)

Referensi : wikihow.cara membesarkan seorang anak

RELATED ARTICLES

Most Popular