Wednesday, June 19, 2024
fr_slider

Welcome Jun

0

BGP Kaltim bersama Komisi X DPR RI Menyelenggarakan Diskusi Pendidikan “Transformasi Guru dalam Merdeka Belajar”

Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan Komisi X DPR RI kembali bekerjasama dengan menyelenggarakan kegiatan Diskusi Pendidikan “Transformasi Guru dalam Merdeka Belajar” yang dilaksanakan di Hotel Kutai Permai, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan ini terselenggara dalam rangka mengembangkan peran para guru yang dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, di mana salah satu peran guru adalah melaksanakan inovasi pembelajaran untuk menjawab kebutuhan para peserta didik dan menciptakan iklim pembelajaran yang memerdekakan

Turut hadir membersamai kegiatan yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur, perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2, Ketua MKKS, Ketua K3S, para guru, guru penggerak dan pengajar praktik, serta para pengawas sekolah di lingkungan Kabupaten Kutai Timur.

Diskusi Pendidikan diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Abbas Husaini, S.Ag., M.Pd.

Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur. Wiwik Setiawati, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Balai Guru Penggerak dibentuk dengan tujuan mengembangkan dan memberdayakan guru dan tenaga kependidikan, di mana poses pembelajaran berpusat pada murid.

Hadir sebagai keynote speaker, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP mengungkapkan bahwa guru dan tenaga kependidikan harus menjadi driving forces (tenaga penggerak) sebagai aktor perubahan di mana bertugas untuk mendidik siswa agar siap menghadapi perubahan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Hetifah menegaskan bahwa kunci utama dalam transformasi pendidikan, bagaimana kurikulum bisa diiplementasikan dan mencapai tujuannya adalah para guru.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan para peserta kegiatan. Didaulat sebagai narasumber Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur, dan perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2. (*ayu_)

RELATED ARTICLES

Most Popular